ASPEK GEOGRAFI

  07 April 2017  |  DESA GRAJAGAN

Desa Grajagan merupakan salah satu Desa dari 8 desa di Kecamatan Purwoharjo. Dan merupakan salah satu desa yang terletak di ujung paling selatan dari kabupaten Banyuwangi. Desa Grajagan mempunyai luas sekitar 4.658ha. dengan ketinggian rata-rata daratan sekitar 20 meter dari permukaan laut. dan curah hujan:1.066 mm/tahun. pemanfaatan luasan wilayah Desa Grajagan digunakan untuk pemukiman pertanian, pariwisata serta digunakan untuk fasilitas umum lainnya.

  Pemerintahan Umum

roda pemerintahan berjalan lancar dab komunikasi antara BPD denmgan kepala desa terjalin baik serta produktif, jumlah dan tingkat pendidikan perangkat desa telah memenuhi kaidah undang-undang. Balai desa dan kantor Desa dalam kondisi baik. pelayanan kepada masyarakat sudah di lakukan yaitu pelayanan kesehatan, pelayanan pajak bumi dan bangunan serta pelayanan pengairan sawah.

pendapatan asli desa diperoleh dari sewa tanah kas desa, dari hasil swadaya dan partisipasi, gotong-royong, bantuan pemerintah kabupaten, propinsi dan pemerintah pusat. dari bagi hasil pajak, dari dana alokasi dana desa (ADD), dan dari bantuan dari pihak lain yang tidak mengikat.

 

Perekonomian Desa

Sebagian besar masyarakat desa grajagan memperoleh pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya dari sektor pertanian, selain itu pendapatan masyarakat berasal dari sektor perikanan laut, perternakan, perdagangan, home industri,jasa dan sektor pariwisata. 

 

Sosial Budaya Desa

penduduk desa grajagan sebagian besar adalah suku jawa dan beragamna islam (83,64 %) sebagian kecil beragama hindu (6,78 %) beragama katholik (7,54 %) Beragama kristen (1,07 %) beragama budha (0,95 %) Adat istiadat dan kesenian yang ada di Desa Grajagan diwarnai oleh adat jawa dan islam. terdapat beberapa kelompok kesenian di Desa Grajagan Seperti: Jaranan, campursari, hadrah, band, terbangan dan wayang kulit. 

 

Prasarana dan Sarana Desa

Prasarana jalan di Desa Grajagan di semua jalan antar sudun masih semuannya belum teraspal, pada jalan lingkungan beberapa ruas jalan sebagian sudah diaspal, dimakadam dan dipaving. sedangkan sarana untuk pemenuhan kepentingan umum dan pelayanan  masyarakat berupa padar desa, poskesdes, tempat pariwisata dan tempat pendidikan.

 

Pariwisata

Wana wisata cokro grajagan pantai yang sudah dikelolah pleh perhutani tapi belum maksimal, ekowisata Mangrove Bulu Marengan yang belum dikembangkan dengan panorama laut dan kelebatan hutan mangrove verserta ekosistem yang ada didalamnya, terdapat kehidupan masyarakat desa seperti pertanian, lerajinanm kesenian, perternakan dan home industri yang memungkinkan untuk di kelolah sebagai kegiatan wisata.

 

Pendidikan

kesadaran Masyarakat akan penuntasan pendidikan dasar 9 (sembilan) tahun cukup tinggi , ini terlihat dengan kecilnya angka putus sekolah di Desa Grajagan. Terdapatnya lembaga pendidikan yang memadai untuk penuntasan wajib belajar 9 Tahun yang diantara lain : 3 PAUD, 4 TK, 11 SD?MI, 1SLTP. selain itu Desa Grajagan terdapat satu pondok pesantren yaitu pondok pesantren Miftahul Anwar.

 

Lingkungan Hidup

Terdapat berbagai jenis ikan disungai dan saluran sawah Grajagan, yang dapat dujadikan sumber nutrisi bagi warga masyarakat Grajagan, selain itu juga terdapat berbagai burung seperti burung blekok, perkutut, ayam alas, branjangan, sikatan, kutilang, derkukuk, prenjak, sogok ontong, emprit yang dapat menjadikan kelengkapan suasana keindahan yang alami di Desa Grajagan.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. Lapangan Curahjati No. 01 Desa Grajagan Purwoharjo Post 68483
  Email : desagrajagan@gmail.com
  Telp. : 085336130458
  Instagram : @desagrajagan
  Facebook : DesaGrajagan Ku
  Twitter : @desagrajagan


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi